Sunday, April 3, 2011

Mixing lagu


 MIXING LAGU PADA ADOBE AUDITON 2.0


A.   Adobe Audition

Adobe Audition merupakan suatu program yang digunakan untuk merekam, mengedit suara dalam bentuk digital yang berbasis Windows. Program ini dilengkapi dengan modul-modul efek suara, seperti Delay, Echo, Pereduksi Noise/Hiss, Reverb, Pengatur Tempo, Pitch, Graphic Dan Parametric Equalizer. Adobe Audition memberikan fasilitas perekaman suara sampai dengan 128 track hanya dengan satu sound card, hal ini akan memberikan kemudahan bagi seorang sound editor untuk berekspresi lebih jauh. 

 
Edit suara bisa dilakukan dalam bentuk .wav Dan penyimpanan bias diconvert dalam bentuk format seperti .wma, .mp3, mp3pro, dll. Dalam arrangement sebuah musik bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa alat musik dan dikoneksikan dengan line in atau michrophone dari soundcard.


B.   Langkah - Langkah Mixing Lagu

1.     pertama klik new session >pilih Sample rate 44100 lalu klik OK, untuk memixing lagu masukan beberapa music yang ingin dimixingkan dengan cara File>import file.


2.     Lalu drag lagu- lagu yang ingin dimixingkan,untuk mendragnya tekan icon berdasarkan gambar dibawah.
3.    Langkah selanjutnya yaitu Merekam suara, kita akan memixingkan lagu dengan suara yang telah kita buat. Langkah Pastikan kabel Mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah diaktifkan. Lakukan perekaman dengan me mute kan semua lagu pada track lain, Kemudian klik R(record) untuk  merekam. Jika muncul pesan tekan saja OK,untuk memulai perekaman tekan  pada transport button.untuk menghentikan perekaman tinggal tekan tombol untuk merekam tersebut.

4.    Untuk meghaluskan pergantian lagu tarik garis yang ada pada lagu, seperti gambar dibawah ini, akan terdengar halus pada pergantian lagu.


5.    Setelah semua lagu selesai di mixing, lalu simpan session, kita bisa penyimpan hasil mixing tersebut dengan berbagai format yang kita inginkan.dengan File>Export>Audio MixDown da simpan sesuai format yang anda inginkan.

6.    Lalu setelah itu yang akan kita lakukan yaitu menormalisasi dan memotong distorsi pada lagu dengan cara effects>Amplitude>Normalize(Process)
Untuk Normalized to masukan 100% untuk normalisasinya.

Dan effects>Amplitude>Hard Limiting(Process).





7.    Lalu save kembali hasil dari .sess yang telah di edit.

C.   Kesimpulan

Jadi dalam melakukan mixing lagu, dalam proses perekaman yang terjadi dalam suatu radio seperti News (berita), umumnya melalui beberapa tahap :
1. Tahap Take Voice yaitu pengambilan suara dengan cara direkam.
2. Mixing. Tahap pencampuran suara-suara sesuai dengan suara yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan. Mengatur suara latar (back sound misalnya music, effect, smash dan lain sebagainya), level volume suara dilakukan di tahap ini.
3. Adobe Audition memberikan fasilitas perekaman suara sampai dengan 128 track hanya dengan satu sound card


No comments:

Post a Comment